Pesawat Sukhoi Nyangkut, Gegerkan Warga Jalan Banyumas -->
Cari Berita

Pesawat Sukhoi Nyangkut, Gegerkan Warga Jalan Banyumas

Klikfakta.com
Selasa, 16 Agustus 2016


Warga Banyumas digegerkan dengan pesawat nyangkut (KlikFakta/012)


KlikFakta.com, Banyumas – Puluhan warga Jalan Banyumas, turut Rukun Warga (RW) 3, Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana, Jum'at sore (13/8/2016) lalu digegerkan dengan adanya sebuah replika pesawat tempur jenis Sukhoi yang sengaja dipasang depan gapura masuk wilayah tersebut.

Bahkan, empat bambu panjang sengaja dibentangkan untuk menampung replika pesawat tempur yang terbuat dari kertas semen tersebut menimbulkan kesan tersangkut di atas gapura yang terletak di jalan utama pantai utara (pantura) Kota Tegal-Brebes (menuju Jakarta-red) tersebut mudah dilihat saat pengendara melintas.

Ketua RW 03, Kelurahan Margadana Hadi Wiyanto menjelaskan, munculnya ide pembuatan replika pesawat tempur tersebut merupakan hasil musyawarah dengan seluruh warga untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-71. Menurutnya, selain sudah menjadi rutinitas dalam merayakan HUT kemerdekaan pembuatan replika pesawat tempur juga murni hasil kreatifitas dan gotong royong serta kekompakan warga yang setiap tahunnya memasang replika berbeda.

"Dari hasil musyawarah warga, tiap tahun pasti membuat replika berbeda. Tahun lalu tank perang, sekarang pesawat tempur," ungkapnya.

Lebih lanjut Hadi Wiyanto menuturkan, dipilihnya replika jenis pesawat sukhoi tahun ini merupakan bentuk pengharapan dari masyarakat dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi. Sebab, jika zaman penjajahan dulu tentara Indonesia mengandalkan senjata bambu runcing karena belum mempunyai pesawat melalui replika tersebut pihaknya berharap generasi saat ini bisa lebih mengembangkan kreatifitasnya demi kemajuan bangsa dan negara dalam merayakan kemerdekaan.

"Untuk biaya, totalnya Rp 2 juta dengan tenaga gotong royong warga selama dua pekan pembuatan," imbuhnya. (KlikFakta/012)

Flashdisk Ribuan Kitab PDF