Menang Pilkatos, Siswa di Jepara ini Diarak Keliling Kampung -->
Cari Berita

Menang Pilkatos, Siswa di Jepara ini Diarak Keliling Kampung

Klikfakta.com
Sabtu, 27 Agustus 2016


KlikFakta.com, JeparaSeperti halnya pemenang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) maupun pilihan petinggi di tingkat desa, siswa pemenang dalam Pemilihan Ketua Osis atau yang dikenal Pilkatos di SMA N 1 Bangsri, Rabu (24/8/2016) siang juga diarak keliling kampung oleh tim suksesnya dengan mengunakan mobil bak terbuka. Hal ini sekaligus, untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang berjalannya pesta demokrasi di tingkat sekolah. 

Tepat pukul 12.00 WIB Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPKO) mengumumkan hasil perolehan suara. Dengan mengenakan pakaian tradisional, seperti halnya pemenang dalam pilkada, calon ketua Osis tersebut diarak keliling desa Bangsri dengan menggunakan mobil bak terbuka lengkap dengan berbagai atribut dan bendera

Kepala SMA Negeri 1 Bangsri Nur Yahya S.Pd M.pd mengatakan, tahapan dan tata cara dalam pilkatos ini hampir mirip dengan pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang saat ini sedang berlangsung di Kabupaten Jepara. Mulai  dari pembentukan Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPKO), penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pendaftaran bakal calon hingga kampanye terbuka.

Dikatakan Yahya, untuk pendaftaran calon, dari empat kandidat yang dinyatakan lolos fit and propertest, satu orang calon berasal dari jalur perseorangan (independent). Sedangkan tiga sisanya berasal dari jalur keorganisasian.  Khusus untuk jalur perseorangan ini, sebagai syarat mereka harus mengumpulkan bukti sekitar 100 tanda tangan dukungan dari DPT yang sdah ditetapkan. “Sebenarnya ada sepuluh calon yang mendaftar, namun hanya ada empat orang yang lolos tehap berikutnya” paparnya.

Disampaikan, Pilketos ini dibuat semirip mungkin dengan Pilkada. Hal ini sebagai media pendidikan siswa dalam pelaksanaan pesta demokrasi khususnya Pemilihan Umum (Pemilu) yang ada di Indonesia. Sehingga mereka, tidak cangung lagi, saat ada gelaran Pilkada, Pibup maupun Pilpres. “Kami berharap, mereka sudah siap, dalam proses demokrasi yang dilaksanakan di Indonesia” ujarnya.

Terkait dengan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkatos sangat tinggi. Hampir 95 persen pemilih yang menggunakan hak pilihnya. Sedangkan sisanya sekitar 5 persen berhalangan hadir lantaran sakit dan keperluan lainnya. “Dari total 1009 Daftar Pemilih Tetap (DPT), 986 menyumbangkan hak pilihnya, sisanya 19 pemilih tidak hadir ke TPS” ujarnya.

Dari hasil penghitungan akhir Akhmad Dwi Indra Buwana dengan nomor urut empat dinobatkan sebagai Ketua OSIS periode 2016-2017 dengan mengantongi 486 suara. Sedangkan di posisi kedua ditempati Filiyah Chandra Asrini (nomor urut tiga) yang mendaftar dari jalur perseorangan dengan mengantongi 208 suara. Di urutan ketiga ditempati Rifky saputro Rogien nomor urut empat dengan perolehan  184 suara dan terakhir Ompu Bima Nugraha nomor urut satu meraih 486 suara.  “Jumlah suara sah 963 dan tiak sah atau batal 25 suara” pungkasnya. [KlikFakta.com/012/Ed]


Flashdisk Ribuan Kitab PDF