Asmindo & AMKRI Rujuk, DPD HIMKI Jepara Raya Dilantik -->
Cari Berita

Asmindo & AMKRI Rujuk, DPD HIMKI Jepara Raya Dilantik

Klikfakta.com
Sabtu, 27 Agustus 2016


 KlikFakta.com, JeparaSebagai tindak lanjut dari penyatuan dua organisasi Industri Mebel Nasional, Asmindo (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) dan AMKRI (Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia)  menjadi satu payung bernama HIMKI ( Himpunan Industri Mebel Kayu Indonesia). Maka di wilayah Jepara Raya  dibentuk pengurus baru yang diketuai Maskur Zaenuri, dibantu sekitar 40 orang anggota dalam kepengurusan. Pengukuhan Dewan Pengurus Daerah baru yang meliputi wilayah Kabupaten se eks Wilayah Karesidenen Pati ini dilakukan oleh Wakil ketua DPP HIMKI, Bernandus Arlin di Aula Rumah Makan Maribu Jepara. Hadir pada klesempatan tersebut, Bupati Jepara dan Kepala Dinas/Instansi terkait. (23/08 2016)

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi berharap penggabungan kedua organisasi industri mebel ini menjadi awal kebangkitan mebel Jepara khususnya dan Indonesia pada umumnya. Ahmad Marzuqi sangat apresiasi dan salut atas kebersamaan yang terjadi antara dua organisasi permebelan kayu ini. Mengingat yang terjadi biasanya akan terjadi rebutan dan saling sikut dan sikat dalam marger. Namun yang terjadi disini adalah saling mengisi bahkan seluruh aset yang ada digabungkan menjadi satu dalam kepengursan baru HIMKI Jepara Raya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya penyerahan aset secara langsung oleh ketua masing-masing yang dilakukan setelah acara pelantikan. Ini adalah awal kebersamaan yang baik. Harapannya kedepan akan lebih harmonis dan lebih baik lagi. Yang akhirnya akan membawa kemajuan pesat di bidang mebel kayu. Ujungnya adalah kesejahteraan pengrajin, pekerja dan masyarakat pada umumnya. 


Harapan dan optimisme ini juga disampaikan  Wakil ketua DPP HIMKI. Bernandus Arlin menyatakan tetap optimis Indonesia dapat meningkatkan ekspor dalam mengisi pasar mebel dunia. Mengingat kita punya hutan produksi yang cukup luas dan SDM yang melimpah. Disamping itu ditunjang pula dengan adanya sentra-sentra produksi mebel dan kerajinan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kita harus bisa belajar dari Vietnam yang baru kemarin perang dengan Amerika. Kini nilai ekportnya sudah mencapai US$ 8 miliar. Sementara kita baru mencapai sekitar US$ 2 miliar. Kita harus bekerja ekstra keras dan harus bisa untuk mendekatinya,” katanya.

Disamping acara pelantikan pengurus HIMKI periode tahun 2016-2020,  DPP HIMKI yang didampingi beberapa pengurus juga menyelenggarakan sosialisasi IFEX. Yaitu sebuah pameran mebel dan kerajinan terbesar di kawasan regional Asia. IFEX akan digelar pada tanggal 11-14 Maret 2017 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.


Kegiatan ini merupakan pameran yang diselenggarakan HIMKI bekerjasama dengan PT. Dyandra Promosindo dan didkukung 4 Kementerian. Yaitu Kementerian Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, Kehutanan dan lingkungan hidup. Pameran yang merupakan program unggulan HIMKI ini, menghadirkan hampir seluruh pelaku utama industri mebel dan kerajian Indonesia. Tujuannya untuk menunjukkan kepada dunia internasional mengenai perkembangan produk mebel dan kerajinan Indonesia. Melalui pameran ini pula para peserta dipertemukan dengan ribuan buyer, distributor serta agen dari berbagai belahan dunia, Mulai dari Eropa, Timur Tengah dan Amerika Serikat. [KlikFakta.com/012/Ed]

Flashdisk Ribuan Kitab PDF