Songsong Pilkada, Ini Langkah Pemkab Jepara -->
Cari Berita

Songsong Pilkada, Ini Langkah Pemkab Jepara

Klikfakta.com
Jumat, 29 Juli 2016


KlikFakta.com, Jepara – Pemkab Jepara melalui Bakesbangpol menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi ( Forkom ) antar Pemerintah dan Masyarakat. Acara silaturahmi menyongsong pelaksanaan Pilihan Bupati dan Wakil Bupati Th 2017 ini dihadiri Camat dan Muspika serta organisasi dan kelompok sosial kemasyarakatan yang ada di Jepara.

Kegiatan  yang diselenggarakan di Peringgitan Pendopo Kabupaten, dibuka langsung oleh Bupati Jepara, Ahmad dan dihadiri langsung segenap anggota Forkopinda. Tujuan utamanya semata untuk menjaga kondusifitas dan kenyamanan masyarakat menjelang, pelaksanaan hingga pasca Pilihan Bupati/Wabup tahun 2017. (28/07 2016).

Kepala Bakesbangpol, Istono menyampaikan kegiatan ini dilandasi atas keinginan bersama untuk menciptakan Jepara yang kondusif. Apalagi menjelang pelaksanaan Pilbup dan Wabup 2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Pebruari 2017. Untuk itulah diperlukan Forum pertemuan untuk duduk bersama, berdiskusi guna mencegah dan memecahkan masalah secara jernih dan kebersamaan.

Kesempatan ini diharapkan pula menjadi ajang  penyampaian pendapat dan masukan dalam rangka menciptakan kondusifitas daerah. Kegiatan lintas sektoral ini dipimpin langsung oleh Bupati dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh segenap Forkopinda. Diawali dari Bupati, Ketua DPRD, Ketua PA, Ketua PN, Kejaksaan, Polrest dan Kondim 0719. Turut memberikan pengarahan pada kesempatan tersebut, Ketua KPU dan Ketua Panwaslu.

Rutinitas.

Bupati Jepara menyambut gembira dan atusias atas terselenggaranya kegiatan yang secara rutin diselenggarakan Bakesbangpol. Pertemuan dan silaturahmi ini sangat penting artinya dalam memebahas segala permasalahan untuk menciptakan kondusifitas daerah. Ahmad Marzuki bahkan meminta kedepan dapat lebih ditingkatkan intensitasnya.

“Jika selama ini hanya setahun 2 kali maka kedepan minimal 2 bulan sekali. Dengan demikian segala permasalahan akan segera terditeksi dan dapat dicegah secara dini. Apalagi permasalahan dalam pelaksanaan Pilbup/Wabup tahun 2017 mendatang,” katanya.

Ahmad Marzuqi juga mengingatkan tidak hanya permasalahan Pilbup/Wabup yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Pebruari 2017 saja yang perlu mendapat perhatian. Ada yang segera mendapatkan perhatian khusus pula, yaitu Pemilihan Petinggi (Pilpet) serentak yang direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 14 November 2016.

“Melalui Forum inilah diharapkan secara kebersamaan dapat mewujudkan, menjaga dan melestarikan kondusifitas daerah. Jangankan kaca pecah ranting patahpun jangan sampai terjadi. Tugas dan tujuan mulia ini tidak mungkin dapat dilakukan orang per orang. Tetapi harus bersama-sama segap pihak terkait, mulai dari pemerintah, masyarakat dan segenap stake holder terkait,” terangnya.

Harapan rutinitas pertemuan dan kebersamaan dalam untuk berasma menjaga kondusifitas daerah, juga ditekankan langsung Ketua DPRD Jepara Dian Kristiandi. Dia meminta tidak hanya majaleng hajad-hajad besar seperti Pilpet, Pilkada dan lainnya saja. Karena dengan sering bertemu maka akan dapat dicegah hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

Selanjutnya dimusyarahkan yang terbaik untuk kemaslahatan umat. Termasuk didalamnya segala bentuk gangguan ketertiban masyarakat dapat segera diselesaiakn pihak Polri, maupun Kodim dan pihak terkait. Pihaknya akan sangat mendukung manakala kedepan ada pengajuan anggaran penyelenggaraan di Dewan.

Pencegahan dan penyelesaian dini juga disarankan Ketua Pengadilan maupun Kejaksaan. Keduanya berharap segala permasalahan sebaiknya tidak dibawa keranah hukum pidana. Alangkah baiknya manakala dapat diselesaikan bersama dahulu secara intern kekeluargaan. Termasuk permasalahan yang timbul akibat penyelenggaraan pemilu dan Pilpet dapat diselesaian melalui Gakumdu. Mengingat jika sudah masuk pengadilan urusannya panjang dan pasti salah satu akan dirugikan. (KF-010)

Flashdisk Ribuan Kitab PDF