Ribuan Pengunjung Padati Gua Pancur Pati -->
Cari Berita

Ribuan Pengunjung Padati Gua Pancur Pati

Klikfakta.com
Senin, 11 Juli 2016


KlikFakta, Pati – Libur lebaran tahun 2016 ini dimanfaatkan masyarakat untuk berekreasi di tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang menjadi sasaran adalah objek wisata Gua Pancur, Dukuh Gasong, Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Pati, Jawa Tengah.

Berdasarkan pantauan, ribuan pengunjung memenuhi kawasan Gua Pancur. Rata-rata mereka datang bersama sanak saudara serta kerabat ke tempat tersebut sebagai cara menikmati hari libur Lebaran.
Wisatawan tidak hanya dari lokal Pati saja, namun juga dari luar Pati. Seorang pengunjung warga Bogor, Wulan Desrita (24) yang kebetulan tengah mudik di Pati mengikuti suaminya mengaku takjub dan terkesima dengan keindahan Gua Pancur.

"Saya takjub dan makin percaya dengan kuasa tuhan. Di dalam gua yang tertutup ada air yang banyak. Padahal air hanya mengalir dari bebatuan," ujar Wulan.

Menurutnya, ia baru pertama kali mengunjungi gua bertipe basah seperti Gua Pancur. Anaknya pun langsung membuka baju dan berenang di mulut gua yang tergenang air meskipun tidak menyusuri gua.

"Kalau saya bawa baju ganti, pasti saya sudah nyebur berenang. Airnya tampak jernih dan segar," imbuhnya.

Wisatawan lain, Ahmad Faiz (29) mengaku, menikmati libur lebaran dengan mengajak sanak saudara dengan dua mobil. Ia pun sengaja mengambil hari ketiga Lebaran untuk berlibur karena pada hari H lebaran ia habiskan waktu untuk bersilaturahmi ke keluarga dan saudara.

"Mumpung libur panjang pada Lebaran ini, saya manfaatkan untuk refreshing agar tak penat usai disibukan dengan pekerjaan," ucapnya.

Untuk pembenahan dan peningkatan Gua Pancur, ia berharap Pemerintah Kabupaten Pati berperan aktif untuk mensukseskan kemajuan wisata di Bumi Mina Tani.

"Saya harap pemerintah turun tangan dan tidak setengah-setengah mengelola tempat wisata potensial ini," tandasnya.

Sementara, Ketua Kelompok Sadar Wisata Gasong Community, Ahmad Najib yang mengelola obwis tersebut mengatakan pada hari ketiga Lebaran ini ada peningkatan kunjungan dibanding hari sebelumnya.

"Hari ketiga ini, jumlah pengunjung sangat membludak, lebih banyak dari hari kedua Lebaran. Kami selaku petugas sudah siap mengantisipasi ramainya kunjungan wiasatawan pada libur Lebaran ini," ungkap Najib.

Untuk tarif masuk, pengelola hanya memberlakukan tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 6.000 untuk kendaraan roda empat. (KF-010)


Flashdisk Ribuan Kitab PDF